Perkembangan UMR Kupang Hingga 2021

Perkembangan UMR Kupang Hingga 2021 – Kupang merupakan kotamadya dan juga menjadi ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Kupang menjadi kotamadya terbesar di Pulau Timor yang berada di pesisir teluk Kupang tepatnya di bagian barat laut Pulau Timor. Kota Kupang dipenuhi dengan berbagai suku bangsa sebagai kota terbesar yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Suku Flores, suku Timor dan suku Rote merupakan suku yang paling populer di kota Kupang.

Kota Kupang memiliki luas wilayah sebesar 180,27 kilometer persegi. Luas wilayah kota Kupang tersebut terbagi menjadi 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan. Kota Kupang secara topografis biasanya beriklim tropis dan kering dan cenderung dipengaruhi oleh angin serta dikategorikan sebagai daerah semiarid sebab curah hujan yang relatif rendah. Itulah mengapa keadaan vegetasi yang ada di kota Kupang didominasi Savana dan stepa.

Potensi Perekonomian Kota Kupang

Sektor yang dinilai paling potensial dikembangkan di kota Kupang yaitu sektor gas, air bersih dan listrik, sektor pengangkutan, sektor keuangan persewaan dan perusahaan, sektor konstruksi dan sektor perdagangan hotel dan restoran.

Pemerintah kota Kupang selalu berupaya mendukung mengembangkan sektor potensial agar dapat dikelola secara maksimal dan bisa mengembangkan potensi potensial yang dimiliki kota Kupang. Potensi perekonomian kota kompang tergolong dalam kuadran progresif, pemerintah daerah kota Kupang juga kemungkinan akan terus melakukan ekspansi serta memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Pemerintah kota Kupang selalu berupaya untuk mengembangkan sektor potensial sebaik-baiknya agar bisa bersaing. Pemerintah kota Kupang juga diharapkan dapat melakukan koordinasi antara rencana investasi pemerintah serta rencana yang akan dikerjakan oleh sektor swasta, dan tidak luput juga gencar dalam melakukan upaya mempromosikan potensi unggulan di daerah untuk menarik para investor.

Hal tersebut dilakukan agar potensi-potensi yang ada di kota Kupang seperti sektor perdagangan hotel dan restoran, listrik dan gas serta keuangan persewaan dan perusahaan, tak ketinggalan juga pengangkutan dan komunikasi, konstruksi serta industri pengolahan dapat dikembangkan secara maksimal. Dengan dikembangkannya berbagai sektor yang ada di kota Kupang, maka diharapkan perkembangan ekonomi di kota Kupang juga bisa tumbuh secara merata.

UMR Kota Kupang Dari Tahun ke Tahun

Semua orang pasti mengidamkan gaji yang sesuai dengan keputusan pemerintah daerah atau sesuai UMR. Apa lagi isu mengenai penghasilan dari tahun ke tahun sering menjadi topik yang dibicarakan. Dapat dilihat dari tabel tersebut bahwa UMR Kota Kupang tahun 2021 tidak meningkat dari tahun sebelumnya.

No.TahunNilai
1.2021Rp  4.200.479
2.2020Rp. 4.200.479
3.2019Rp. 3.871.052
4.2018Rp. 3.583.312
5.2017Rp. 3.296.212
2016Rp. 3.045.000

Itu berarti UMR Kota Kupang tahun 2021 tidak berubah yaitu Rp. 4.200.479. Tidak adanya meningkatnya nilai UMR merupakan hasil dari keputusan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengikuti Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Ketenagakerjaan. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah agar pekerja tetap bisa terus mendapatkan upah di masa pandemi COVID-19 daripada mendapatkan kenaikan gaji. Keputusan tersebut juga dilakukan oleh sejumlah provinsi dan kota yang ada di Indonesia.

Demikianlah UMR Kupang tahun 2021. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

error: Alert: Content is protected !!